Mengunjungi Tempat Wisata Bersejarah (City Tour) di Kota Madinah Umroh Jennaty


Mengunjungi Tempat Wisata Bersejarah (City Tour) di Kota Madinah Umroh Jennaty

Keutamaan Kota Madinah

Kota Madinah adalah kota yang dirindukan oleh seluruh kaum muslimin. Kota yang selalu memberikan kenyamanan, sebagimana yang dirasakan oleh para jamaah haji dan umroh tatala berada di kota Madinah.

Kota ini memiliki banyak keistimewaan, diantaranya :

  1. Allah ta’ala menjadikan Madinah kota haram sebagaimana menjadikan Makkah kota Haram

Haram maksudnya adalah diharamkan di kota Makkah dan Madinah memotong pohon yang berduri, membunuh binantang buruan, dan mengangkat senjata untuk tujuan menumpahkan darah ataupun berperang.

  1. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memberi nama kota Madinah dengan sebutan thabah atau thayyibah yang bermakna baik yakni baik untuk dijadikan tempat tinggal

Sesungguhnya Iman (agama) itu akan kembali ke kota Madinah, yaitu orang-orang yang beriman ingin kembali ke kota Madinah.

  1. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mensifati Madinah dengan kota yang menaklukkan kota-kota lain

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memberi jaminan syafa’at pada hari kiamat bagi orang-orang yang hidup di kota Madinah dan bersabar dalam menghadapi musibah yang menimpa kota Madinah

  1. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan mulianya kota Madinah dan bahayanya berbuat bid’ah, kemunkaran dan fitnah di kota Madinah. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang artinya :

“Madinah adalah tanah haram yang batasnya antara gunung Aer (yang terletak di dekat miqot Bir Ali) dan gunung Tsaur (yang terletak dibelakang gunung Uhud), barangsiapa yang berbuat bid’ah dan kemungkaran di kota Madinah atau mengayomi pelakunya maka baginya laknat dari Allah, malaikat, dan manusia, tidak akan diterima amal wajib dan amal sunnahnya. (HR Bukhari no 6755 dan Muslim no 1370)

 

Tempat-tempat Ziarah di Madinah

  1. Masjid Nabawi

Menurut sejarah Masjid Nabawi, tempat ibadah satu ini merupakan masjid kedua yang didirikan langsung oleh Rasulullah SAW setelah Masjid Quba. Di mana, Rasulullah SAW langsung mendirikan Masjid Nabawi setibanya di Kota Madinah.

  1. Raudhoh

Raudhah adalah tempat yang berada di antara rumah Nabi (sekarang makam Nabi) dan mimbar. Luas dari arah timur ke barat sepanjang 22 meter dan dari utara ke selatan 15 meter. “Raudah adalah tempat di mana doa-doa dikabulkan,” ujar Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado di Jakarta

  1. Masjid Quba

Masjid Quba merupakan masjid yang pertama dibangun oleh Rasulullah pada tahun 1 Hijriah atau 622 Masehi di Quba. Latar belakang dibangunnya masjid ini adalah karena pada saat itu Nabi Muhammad SAW dan para sahabat hijrah menuju Madinah, mereka singgah di Quba selama lima hari.

  1. Kebun kurma

Jamaah Haji atau umrah ketika berada di kota Madinah mesti dan harus berkunjung ke kebon kurma, yang luasnya sekitar 25 hektar tersebut terdapat sekitar 1.600 pohon kurma dan panen setahun sekali. Bisa menikmati qurmanya yang habis dipanen dari pohonnya dan membeli untuk oleh oleh keluarga dirumah

  1. Jabal uhud

Jabal Uhud atau Gunung Uhud memiliki keistimewaan tersendiri. Tak seperti gunung atau bukit lainnya di sekitar Kota Madinah, situs ini menjadi salah satu gunung yang dijanjikan akan ada di surga. Dengan demikian, saat melakukan kunjungan maka akan banyak nilai yang dapat dirasakan.


  • Admin
  • 05-09-2023

WhatsApp chat

Tripo is a premium wordpress theme for travel, tours, trips, adventures and a wide range of other tour agencies.

needhelp@tripo.com
888 999 0000